D’ More I Knew…. D’ More I Love ….

The More I knew , The More I Love..

The More I knew, The More I Love …Psychology

Semakin aku tahu, semakin aku cinta..

Semakin aku tahu, semakin aku mencintai Psikologi…

Yeeeaah..=)

Mengenal psikologi tergolong baru, baru kelas 3 SMA..

Itu juga tahu karena mau ambil PMDK untuk UNDIP..,nanya dengan tante jurusan apa yang bagus, dia bilang ambil psikologi aja..,awalnya berfikir psikologi hanya berurusan dengan orang-orang tidak waras, namun dikasih penjelasan bahwa psikologi juga penting untuk rekrutmen pegawai (PIO), mulai tertarik namun tidak lulus.

Kemudian SPMB 2005, setelah kuliah 1 taun di Mgt Unand, belajar ilmu PIO 2 sks, semakin tertarik dengan ilmu psikologi. SPMB udah bertekad mau ngambil Psikologi Unpad dan Psikologi Undip.. Namun, banyak teman bilang Undip itu jauh, ngapain kesana..Hmm, dan karena mama menyuruh mencoba ambil FK (dulu alasan boleh SPMB lagi u ambil FK, padahal udah merasa gak niat lagi, mau psikologi aja.. ). Namun, karena keinginan ortu akhirnya ambil FK Unsri sebagai pilihan 1 dan berfikir ulang untuk mengambil psikologi Unpad karena menyadari kemampuan diri dan bosan yang sangat terasa karena kuliah. Mencari2 ulang lagi  dibelakang buku Bimbel dimana lagi ada Psikologi akhirnya menemukan USU, lulus, dengan kisah perjuanganyang mengharubiru  untuk boleh ke USU, pindah kuliah,  (Flash Back 6-8-2005, blog sblmny).

Semester 1 di Psikologi merasa biasa aja, mungkin karena kondisi kampus yg jauh berbeda dg Unand dan teman2 yang beda juga ditambah pelajaran masih sangat standar(Filsafat, Antrpologi, Sosiologi, Statistika, Agama, English, apalagi yaa?? cuma Psikologi Umum aja yg nyangkut2 ke Psikologinya). Namun, di semester 2..Hmmmm….semua terasa berbeda semenjak aku mengenal Psi.Kepribadian,Psi. ….., dll, dan yang paling berkesan adalah Psikologi perkembangan, dimana waktu itu masih pembahasannya mengenai anak dan remaja..

Masih inget, sampe bilang gini sama Mama : Ma, ternyata punya anak itu enak yaa..seandainya kita tau apa mau dia..

Dijawab Mama: Yo, cubo la rasoan, kok yo lasuah

Hahahahaa

Awal kuliah  memang menjadi suka dengan perkembangan..suka dengan psikologi secara umum, karena ilmu yg sangat aplikatif, bisa dipakai kapan pun kita mau, kita yang menjadi alat ukur, dan penilainya..

Namun, akhir2 kuliah entah mengapa jadi berpindah minat, pindah hati ke PIO, mungkin karena obsesi jadi wanita karir, yg kerja di kantoran. Sangat mendalami PIO, skripsi PIO, dosen pun mengenal aku orangnya PIO banget…=’)

Tapi yang jelas aku gak terlalu tertarik dengan pendidikan, karena itu berkaitan dengan sistem, dan sistem terkadang berkaitan dengan pemerintahan, maleees banget

Apalagi Klinis Dewasa,Hmm..,itu jangan ditanya…aku merasa itu kuliah yang susah,,Orang dewasa memang sulit dimengerti seperti kata Baim. Orang dewasa terlalu banyak intrik..,suka jdi  gak suka..bahkan gak suka pun bisa jad suka. A dipengaruhi B .,B dipengaruhi C..tiba-tiba bisa A mempengaruhi C..Membinggungkan …Memang …

Ketika, mau melanjutkan episode kuliah,,sempat mengalami masa galau..memilih diantara 2 pilihan..,curhat sana-sini…memilih PIO dan klinis anak.. Akhirnya memutuskan memilih Klinis Anak , Mengapa (pertanyaan dosen pas kuliah kemarin)

karena : pengalaman jadi relawan di pariaman dulu, sejujurnya 40% alasan aku memilih KLA. Walaupun 40% lagi aku bisa memilih PIO karena itu “lahan basah”. 10% mama menyuruh ambil KLA dengan alasan supaya kerja di rumah sakit -_-‘., 10% bisa memilih PIO karena tidak harus menghadapi orang yang bermasalah. 15% KLA, karena aku banyak sepupu yg masih kecil-kecil,,setidaknya berguna , 15% bisa memilih PIO karena tanpa harus cemas dengan cemoohan orang “mengurus anak orang bisa, mengurus anak sendiri ?? (masih tanda tanya ). 10% merasa terkadang khawatir dengan anak-anak jaman sekarang, dimana terkadang sulit membedakan anak-anak dengan orang dewasa yang berukuran mini. 10 % bisa memilih PIO karena berobsesi untuk kerja di perusahaan asing. 15 % karena masih merasa Psikolog anak itu merupakan sesuatu yang langka walaupun bisa juga alasan memilih PIO 15% berhadapan dengan anak-anak bukanlah sesuatu yang mudah dan 10% lagi..10 % yang memenangkan KLA dibandingkan PIO adalah karena aku merasa masa kanak-kanak itu sangat beharga (Freud bangeet..), sangat mengiris hati apabila anak-anak tidak merasakan kebahagian sebagai anak. Apakah masa kanak-kanakku bahagia? tidak juga.. tapi setidaknya seru…bisa jadi bahan cerita ketika aku sudah besar…

Tidak pernah kubuat alasan karena aku suka anak-anak… Terkadang suka bisa hanya sekedar suka…tapi yang jelas aku mulai mencintai ilmu psikologi anak..,walaupun menyadari tidak bisa tunggal mencintai ilmunya saja tanpa mencintai anaknya =’)

Dan akhirnya aku memutuskan masuk klinis anak..

dan sudah berjalan 1 semester.., walaupun sekarang baru selesai kuliah penyegarannya namun sudah menemukan kembali rasa cinta itu..rasa cinta yang sudah lama hilang.., rasa cinta yang sama seperti dulu ketika baru masuk psikologi.., rasa cinta yang membuat semua terasa menjadi menyenangkan.., rasa cinta yang harusnya bisa mengubah capek menjadi semangat.., rasa cinta yang menimbulkan penasaran untuk mengetahuinya lebih banyak lagi..,rasa cinta yang membuat cemburu, jika orang lain bisa dan aku gak bisa mendapatkannya.., rasa cinta yang harusnya bisa menimbulkan rindu apabila tidak bersua.., dan berharap cinta ini tidak bertepuk sebelah tangan…,setidaknya jika memang kita merasakan cinta maka proses akan menjadi indah dan berharap endingnya pun menjadi happy ending ….

*hope like that …

amiiiin…..=)

2 thoughts on “D’ More I Knew…. D’ More I Love ….

  1. haha, mantap2..
    gini rupanya semangat S2 itu ya,,,

    waa..jadi pengen juga ni kak nulis cerita kayak kk versi kedokterannya,,hahah

  2. haha…
    mau gak mau semangat harus ada untuk melawan semua beban2 kuliah season 2 ini..

    ok2 ditunggu

    mau tau juga gimana,?? secara FK kan cita2 gak jadi,tapi ternyata ditemukan penganti yg sebenarnya itu yang kuminta..

    I know if I want It, It can be my mine…but sometimes it doesnt be mine cause i must waiting it until it was proper with me, or it was changed with a better one, or actually i never want it… =)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s